Scroll untuk baca artikel
Pendidikan

Rahasia Dasa Darma Pramuka untuk Membentuk Karakter Mulia

21
×

Rahasia Dasa Darma Pramuka untuk Membentuk Karakter Mulia

Share this article
Rahasia Dasa Darma Pramuka untuk Membentuk Karakter Mulia

Dasa Darma Pramuka adalah sepuluh pedoman moral yang menjadi landasan perilaku anggota Gerakan Pramuka Indonesia. Dasa Darma Pramuka berbunyi:

  1. Takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  2. Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia.
  3. Patriot yang sopan dan kesatria.
  4. Patuh dan suka bermusyawarah.
  5. Rela menolong dan tabah.
  6. Rajin, terampil, dan gembira.
  7. Hemat, cermat, dan bersahaja.
  8. Disiplin, berani, dan setia.
  9. Bertanggung jawab dan dapat dipercaya.
  10. Suci dalam pikiran, perkataan, dan perbuatan.

Dasa Darma Pramuka sangat penting bagi anggota Pramuka karena menjadi pedoman dalam berperilaku dan bertindak. Dasa Darma Pramuka juga mengajarkan nilai-nilai luhur, seperti kejujuran, tanggung jawab, dan kerja sama. Selain itu, Dasa Darma Pramuka juga menjadi dasar pembentukan karakter anggota Pramuka yang berjiwa Pancasila.

Dasa Darma Pramuka pertama kali dicetuskan oleh Ki Hajar Dewantara, Bapak Pendidikan Indonesia, pada tahun 1961. Dasa Darma Pramuka kemudian disempurnakan dan disahkan sebagai pedoman moral anggota Pramuka pada tahun 1963.

Sebutkan Dasa Darma Pramuka

Dasa Darma Pramuka merupakan pedoman moral bagi anggota Gerakan Pramuka Indonesia. Berikut adalah 10 aspek penting Dasa Darma Pramuka:

  • Takwa
  • Cinta alam
  • Patriot
  • Patuh
  • Rela menolong
  • Rajin
  • Hemat
  • Disiplin
  • Bertanggung jawab
  • Suci

Kesepuluh aspek ini saling berkaitan dan membentuk karakter anggota Pramuka yang berjiwa Pancasila. Misalnya, takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa mengajarkan anggota Pramuka untuk selalu bersyukur dan rendah hati. Cinta alam mengajarkan anggota Pramuka untuk menjaga dan melestarikan lingkungan. Patriot mengajarkan anggota Pramuka untuk cinta tanah air dan bangsa. Patuh mengajarkan anggota Pramuka untuk menghormati orang tua, guru, dan pemimpin. Rela menolong mengajarkan anggota Pramuka untuk selalu siap membantu orang lain. Rajin mengajarkan anggota Pramuka untuk bekerja keras dan tekun. Hemat mengajarkan anggota Pramuka untuk tidak boros dan menghargai uang. Disiplin mengajarkan anggota Pramuka untuk selalu tepat waktu dan teratur. Bertanggung jawab mengajarkan anggota Pramuka untuk berani mengakui kesalahan dan menyelesaikan tugas dengan baik. Suci mengajarkan anggota Pramuka untuk selalu menjaga kebersihan pikiran, perkataan, dan perbuatan.

Takwa

Takwa, Pendidikan

Takwa merupakan nilai pertama dalam Dasa Darma Pramuka. Takwa berarti beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Bagi anggota Pramuka, takwa menjadi landasan dalam berperilaku dan bertindak. Anggota Pramuka yang takwa akan selalu berusaha melakukan hal-hal yang baik dan benar sesuai dengan ajaran agamanya.

  • Menjalankan Ibadah

    Anggota Pramuka yang takwa akan menjalankan ibadah sesuai dengan ajaran agamanya. Mereka akan selalu menyempatkan waktu untuk beribadah, baik di masjid, gereja, pura, atau tempat ibadah lainnya.

  • Berbuat Baik

    Anggota Pramuka yang takwa akan selalu berusaha berbuat baik kepada sesama. Mereka akan membantu orang lain yang membutuhkan, menghormati orang tua dan guru, serta menjaga kebersihan lingkungan.

  • Menjauhi Larangan Agama

    Anggota Pramuka yang takwa akan selalu menjauhi larangan agama. Mereka akan menghindari perbuatan-perbuatan yang dilarang oleh agamanya, seperti mencuri, berbohong, dan berbuat zina.

  • Menjadi Teladan

    Anggota Pramuka yang takwa akan menjadi teladan bagi orang lain. Mereka akan menunjukkan perilaku yang baik dan benar, sehingga dapat menginspirasi orang lain untuk melakukan hal yang sama.

Takwa merupakan nilai yang sangat penting bagi anggota Pramuka. Takwa akan membentuk karakter anggota Pramuka yang berjiwa Pancasila dan menjadi warga negara yang baik.

Cinta Alam

Cinta Alam, Pendidikan

Cinta alam merupakan salah satu aspek penting dalam Dasa Darma Pramuka. Cinta alam mengajarkan anggota Pramuka untuk mencintai dan menjaga lingkungan hidup.

  • Menjaga Kebersihan Lingkungan

    Anggota Pramuka yang cinta alam akan selalu menjaga kebersihan lingkungan. Mereka akan membuang sampah pada tempatnya, tidak merusak tanaman, dan tidak mencemari sungai dan laut.

  • Melestarikan Alam

    Anggota Pramuka yang cinta alam akan selalu berusaha melestarikan alam. Mereka akan menanam pohon, melindungi hewan, dan menjaga keseimbangan ekosistem.

  • Menghargai Alam

    Anggota Pramuka yang cinta alam akan selalu menghargai alam. Mereka akan menikmati keindahan alam tanpa merusaknya. Mereka juga akan selalu berusaha untuk menjaga kelestarian alam untuk generasi mendatang.

  • Menjadi Pelopor

    Anggota Pramuka yang cinta alam akan menjadi pelopor dalam menjaga lingkungan hidup. Mereka akan mengajak orang lain untuk ikut serta menjaga lingkungan hidup. Mereka juga akan memberikan contoh nyata tentang bagaimana cara menjaga lingkungan hidup.

Cinta alam merupakan nilai yang sangat penting bagi anggota Pramuka. Cinta alam akan membentuk karakter anggota Pramuka yang peduli terhadap lingkungan hidup. Anggota Pramuka yang cinta alam akan menjadi warga negara yang baik yang selalu berusaha menjaga kelestarian lingkungan hidup.

Patriot

Patriot, Pendidikan

Patriot merupakan salah satu aspek penting dalam Dasa Darma Pramuka. Patriot mengajarkan anggota Pramuka untuk cinta tanah air dan bangsa.

  • Rela Berkorban

    Anggota Pramuka yang patriot akan selalu rela berkorban demi tanah air dan bangsa. Mereka akan berjuang membela negara dari segala bentuk ancaman, baik dari dalam maupun dari luar.

  • Menjaga Nama Baik Bangsa

    Anggota Pramuka yang patriot akan selalu menjaga nama baik bangsa. Mereka akan berperilaku baik di mana pun berada, baik di dalam maupun di luar negeri. Mereka juga akan selalu berusaha mengharumkan nama bangsa melalui prestasi-prestasi yang mereka raih.

  • Mengembangkan Budaya Bangsa

    Anggota Pramuka yang patriot akan selalu berusaha mengembangkan budaya bangsa. Mereka akan mempelajari dan melestarikan budaya daerah, serta mempromosikan budaya Indonesia ke dunia internasional.

  • Menjadi Warga Negara yang Baik

    Anggota Pramuka yang patriot akan selalu berusaha menjadi warga negara yang baik. Mereka akan taat pada hukum dan peraturan yang berlaku, serta aktif berpartisipasi dalam pembangunan bangsa.

Patriot merupakan nilai yang sangat penting bagi anggota Pramuka. Patriot akan membentuk karakter anggota Pramuka yang cinta tanah air dan bangsa. Anggota Pramuka yang patriot akan menjadi warga negara yang baik yang selalu berusaha membela dan membangun bangsa.

Patuh

Patuh, Pendidikan

Patuh merupakan salah satu aspek penting dalam Dasa Darma Pramuka. Patuh mengajarkan anggota Pramuka untuk menghormati orang tua, guru, dan pemimpin. Anggota Pramuka yang patuh akan selalu mendengarkan nasihat dan bimbingan dari orang yang lebih tua dan lebih berpengalaman.

Kepatuhan sangat penting dalam Dasa Darma Pramuka karena merupakan dasar dari ketertiban dan kedisiplinan. Anggota Pramuka yang patuh akan selalu mengikuti aturan dan tata tertib yang berlaku, baik di lingkungan keluarga, sekolah, maupun masyarakat.

Selain itu, kepatuhan juga mengajarkan anggota Pramuka untuk menghargai orang lain. Anggota Pramuka yang patuh akan selalu bersikap sopan dan hormat kepada orang yang lebih tua, serta kepada siapa saja yang ditemuinya.

Dalam kehidupan sehari-hari, kepatuhan sangat penting untuk menciptakan suasana yang harmonis dan tertib. Anggota Pramuka yang patuh akan menjadi contoh bagi orang lain dalam hal menghormati orang tua, guru, dan pemimpin.

Rela menolong

Rela Menolong, Pendidikan

Rela menolong merupakan salah satu aspek penting dalam Dasa Darma Pramuka. Rela menolong mengajarkan anggota Pramuka untuk selalu siap membantu orang lain yang membutuhkan.

  • Menolong tanpa pamrih

    Anggota Pramuka yang rela menolong akan selalu membantu orang lain tanpa pamrih. Mereka tidak akan mengharapkan imbalan atau ucapan terima kasih dari orang yang mereka tolong.

  • Menolong dengan ikhlas

    Anggota Pramuka yang rela menolong akan selalu menolong dengan ikhlas. Mereka tidak akan merasa terpaksa atau terbebani ketika membantu orang lain.

  • Menolong dengan sepenuh hati

    Anggota Pramuka yang rela menolong akan selalu menolong dengan sepenuh hati. Mereka akan memberikan bantuan terbaik yang mereka bisa.

  • Menolong tanpa membeda-bedakan

    Anggota Pramuka yang rela menolong akan selalu menolong tanpa membeda-bedakan. Mereka akan membantu siapa saja yang membutuhkan, tanpa memandang ras, suku, agama, atau status sosial.

Rela menolong merupakan nilai yang sangat penting bagi anggota Pramuka. Rela menolong akan membentuk karakter anggota Pramuka yang peduli terhadap sesama. Anggota Pramuka yang rela menolong akan menjadi warga negara yang baik yang selalu berusaha membantu orang lain.

Rajin

Rajin, Pendidikan

Rajin merupakan salah satu aspek penting dalam Dasa Darma Pramuka. Rajin mengajarkan anggota Pramuka untuk bekerja keras dan tekun. Anggota Pramuka yang rajin akan selalu berusaha menyelesaikan tugas-tugasnya dengan baik dan tepat waktu.

Rajin sangat penting dalam Dasa Darma Pramuka karena merupakan dasar dari prestasi dan keberhasilan. Anggota Pramuka yang rajin akan selalu berusaha belajar dan mengembangkan diri, sehingga mereka dapat menjadi pribadi yang lebih baik.

Selain itu, rajin juga mengajarkan anggota Pramuka untuk menghargai waktu. Anggota Pramuka yang rajin akan selalu menggunakan waktunya dengan baik, sehingga mereka dapat menyelesaikan tugas-tugasnya dengan efektif dan efisien.

Dalam kehidupan sehari-hari, rajin sangat penting untuk mencapai kesuksesan. Anggota Pramuka yang rajin akan menjadi contoh bagi orang lain dalam hal bekerja keras dan tekun.

Hemat

Hemat, Pendidikan

Hemat merupakan salah satu aspek penting dalam Dasa Darma Pramuka. Hemat mengajarkan anggota Pramuka untuk tidak boros dan menghargai uang.

Hemat sangat penting dalam Dasa Darma Pramuka karena dapat membantu anggota Pramuka untuk mengelola keuangan dengan baik. Anggota Pramuka yang hemat akan selalu berusaha untuk menggunakan uangnya secara bijak dan tidak membeli barang-barang yang tidak. Selain itu, hemat juga mengajarkan anggota Pramuka untuk menghargai hasil kerja keras orang lain.

Dalam kehidupan sehari-hari, hemat sangat penting untuk mencapai kemandirian finansial. Anggota Pramuka yang hemat akan terbiasa untuk hidup sederhana dan tidak bergantung pada orang lain. Mereka juga akan terbiasa untuk menabung dan berinvestasi, sehingga mereka dapat mempersiapkan masa depan mereka dengan baik.

Disiplin

Disiplin, Pendidikan

Disiplin merupakan salah satu aspek penting dalam Dasa Darma Pramuka. Disiplin mengajarkan anggota Pramuka untuk selalu tepat waktu, teratur, dan taat pada aturan.

  • Taat pada Aturan
    Anggota Pramuka yang disiplin akan selalu taat pada aturan dan tata tertib yang berlaku, baik di lingkungan keluarga, sekolah, maupun masyarakat. Mereka akan selalu berusaha untuk mematuhi peraturan dan tidak melanggarnya.
  • Tepat Waktu
    Anggota Pramuka yang disiplin akan selalu tepat waktu dalam segala hal. Mereka akan selalu datang tepat waktu untuk setiap kegiatan dan tidak pernah terlambat. Mereka juga akan selalu menyelesaikan tugas-tugasnya tepat waktu.
  • Teratur
    Anggota Pramuka yang disiplin akan selalu teratur dalam segala hal. Mereka akan selalu menjaga kerapian dan ketertiban di lingkungan sekitarnya. Mereka juga akan selalu mengatur waktu dan kegiatan mereka dengan baik.
  • Mandiri
    Anggota Pramuka yang disiplin akan selalu mandiri dan tidak bergantung pada orang lain. Mereka akan selalu berusaha untuk menyelesaikan tugas-tugasnya sendiri dan tidak merepotkan orang lain.

Disiplin sangat penting dalam Dasa Darma Pramuka karena dapat membantu anggota Pramuka untuk mengembangkan karakter yang kuat. Anggota Pramuka yang disiplin akan terbiasa untuk hidup teratur, taat pada aturan, dan selalu berusaha untuk menjadi lebih baik.

Bertanggung Jawab

Bertanggung Jawab, Pendidikan

Bertanggung jawab merupakan salah satu aspek penting dalam Dasa Darma Pramuka. Bertanggung jawab mengajarkan anggota Pramuka untuk berani mengakui kesalahan dan menyelesaikan tugas dengan baik.

Bertanggung jawab sangat penting dalam Dasa Darma Pramuka karena merupakan dasar dari kepercayaan dan kejujuran. Anggota Pramuka yang bertanggung jawab akan selalu berusaha untuk melakukan yang terbaik dan tidak akan pernah lari dari tanggung jawabnya.

Selain itu, bertanggung jawab juga mengajarkan anggota Pramuka untuk mandiri dan tidak bergantung pada orang lain. Anggota Pramuka yang bertanggung jawab akan selalu berusaha untuk menyelesaikan tugas-tugasnya sendiri dan tidak merepotkan orang lain.

Dalam kehidupan sehari-hari, bertanggung jawab sangat penting untuk mencapai kesuksesan. Anggota Pramuka yang bertanggung jawab akan terbiasa untuk menyelesaikan tugas-tugasnya dengan baik dan tidak pernah menyerah pada kesulitan. Mereka juga akan terbiasa untuk mengambil keputusan yang tepat dan tidak merugikan orang lain.Beberapa contoh sikap bertanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari, antara lain:

  • Melakukan tugas dengan sebaik mungkin
  • Mengakui kesalahan dan memperbaikinya
  • Menepati janji
  • Menjaga barang-barang milik sendiri dan orang lain
  • Membantu orang lain yang membutuhkan

Dengan memahami pentingnya bertanggung jawab, anggota Pramuka dapat mengembangkan karakter yang kuat dan menjadi warga negara yang baik.

Suci

Suci, Pendidikan

Suci dalam pikiran, perkataan, dan perbuatan merupakan salah satu aspek penting dalam Dasa Darma Pramuka. Suci mengajarkan anggota Pramuka untuk selalu menjaga kebersihan dan kesucian dalam segala hal.

Suci dalam pikiran berarti selalu berpikir positif dan tidak pernah berpikiran buruk terhadap orang lain. Suci dalam perkataan berarti selalu berkata-kata yang baik dan tidak pernah berkata-kata kotor atau menyakitkan hati orang lain. Suci dalam perbuatan berarti selalu berbuat baik dan tidak pernah merugikan orang lain.

Suci sangat penting dalam Dasa Darma Pramuka karena merupakan dasar dari kejujuran dan integritas. Anggota Pramuka yang suci akan selalu berusaha untuk melakukan hal-hal yang benar dan tidak akan pernah berbohong atau curang.

Dalam kehidupan sehari-hari, suci sangat penting untuk mencapai kebahagiaan dan kesuksesan. Anggota Pramuka yang suci akan selalu dihormati dan dipercaya oleh orang lain. Mereka juga akan selalu merasa nyaman dengan diri sendiri karena mereka tahu bahwa mereka telah menjalani hidup dengan baik.

Beberapa contoh sikap suci dalam kehidupan sehari-hari, antara lain:

  • Selalu berkata jujur
  • Tidak pernah berbuat curang
  • Selalu menghormati orang lain
  • Tidak pernah menyakiti hati orang lain
  • Selalu berusaha berbuat baik

Dengan memahami pentingnya suci, anggota Pramuka dapat mengembangkan karakter yang kuat dan menjadi warga negara yang baik.

Pertanyaan Umum tentang Dasa Darma Pramuka

Berikut adalah beberapa pertanyaan umum dan jawabannya mengenai Dasa Darma Pramuka:

Pertanyaan 1: Apa itu Dasa Darma Pramuka?

Jawaban: Dasa Darma Pramuka adalah sepuluh pedoman moral yang menjadi landasan perilaku anggota Gerakan Pramuka Indonesia.

Pertanyaan 2: Sebutkan sepuluh aspek Dasa Darma Pramuka!

Jawaban: Sepuluh aspek Dasa Darma Pramuka adalah:

  1. Takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
  2. Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia
  3. Patriot yang sopan dan kesatria
  4. Patuh dan suka bermusyawarah
  5. Rela menolong dan tabah
  6. Rajin, terampil, dan gembira
  7. Hemat, cermat, dan bersahaja
  8. Disiplin, berani, dan setia
  9. Bertanggung jawab dan dapat dipercaya
  10. Suci dalam pikiran, perkataan, dan perbuatan

Pertanyaan 3: Apa pentingnya Dasa Darma Pramuka?

Jawaban: Dasa Darma Pramuka sangat penting karena menjadi pedoman perilaku dan tindakan anggota Pramuka. Dasa Darma Pramuka juga mengajarkan nilai-nilai luhur, seperti kejujuran, tanggung jawab, dan kerja sama.

Pertanyaan 4: Siapa yang pertama kali merumuskan Dasa Darma Pramuka?

Jawaban: Dasa Darma Pramuka pertama kali dirumuskan oleh Ki Hajar Dewantara, Bapak Pendidikan Indonesia, pada tahun 1961.

Pertanyaan 5: Kapan Dasa Darma Pramuka disahkan?

Jawaban: Dasa Darma Pramuka disahkan sebagai pedoman moral anggota Pramuka pada tahun 1963.

Pertanyaan 6: Bagaimana cara mengamalkan Dasa Darma Pramuka dalam kehidupan sehari-hari?

Jawaban: Anggota Pramuka dapat mengamalkan Dasa Darma Pramuka dalam kehidupan sehari-hari dengan selalu bersikap jujur, bertanggung jawab, disiplin, dan peduli terhadap sesama.

Dengan memahami dan mengamalkan Dasa Darma Pramuka, anggota Pramuka dapat menjadi pribadi yang berkarakter mulia dan menjadi warga negara yang baik.

Baca juga: Manfaat Menerapkan Dasa Darma Pramuka dalam Kehidupan Sehari-hari

Tips Mengamalkan Dasa Darma Pramuka

Dasa Darma Pramuka merupakan pedoman moral yang sangat penting bagi anggota Pramuka. Dengan mengamalkan Dasa Darma Pramuka, anggota Pramuka dapat mengembangkan karakter yang mulia dan menjadi warga negara yang baik.

Berikut adalah beberapa tips untuk mengamalkan Dasa Darma Pramuka dalam kehidupan sehari-hari:

Tip 1: Selalu Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa

Ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa merupakan landasan dari segala kebaikan. Anggota Pramuka harus selalu berusaha untuk menjalankan ajaran agamanya dengan baik, beribadah dengan teratur, dan menjauhi segala larangan agama.

Tip 2: Cintai Alam dan Sayangi Sesama Manusia

Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia merupakan dua nilai yang sangat penting dalam Dasa Darma Pramuka. Anggota Pramuka harus selalu berusaha untuk menjaga kelestarian alam dan lingkungan hidup, serta membantu orang lain yang membutuhkan.

Tip 3: Jadilah Patriot yang Sopan dan Kesatria

Patriot adalah orang yang cinta tanah air dan bangsanya. Anggota Pramuka harus selalu berusaha untuk menjaga nama baik bangsa, menghormati orang lain, dan selalu bersikap sopan dan kesatria.

Tip 4: Patuhi Aturan dan Suka Bermusyawarah

Kepatuhan dan suka bermusyawarah merupakan dua sikap yang sangat penting dalam kehidupan bermasyarakat. Anggota Pramuka harus selalu berusaha untuk menaati aturan dan tata tertib yang berlaku, serta aktif berpartisipasi dalam pengambilan keputusan melalui musyawarah.

Tip 5: Rela Menolong dan Tabah Menghadapi Kesulitan

Rela menolong dan tabah merupakan dua sikap yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Anggota Pramuka harus selalu berusaha untuk membantu orang lain yang membutuhkan, serta tabah menghadapi segala kesulitan yang menghadang.

Tip 6: Rajin, Terampil, dan Gembira

Kerajinan, keterampilan, dan kegembiraan merupakan tiga sikap yang sangat penting dalam kehidupan bermasyarakat. Anggota Pramuka harus selalu berusaha untuk rajin belajar dan bekerja, mengembangkan keterampilan yang bermanfaat, serta selalu bersikap gembira dan optimis.

Tip 7: Hemat, Cermat, dan Bersahaja

Hemat, cermat, dan bersahaja merupakan tiga sikap yang sangat penting dalam pengelolaan keuangan. Anggota Pramuka harus selalu berusaha untuk berhemat, cermat dalam menggunakan uang, dan hidup dengan gaya hidup yang sederhana.

Tip 8: Disiplin, Berani, dan Setia

Disiplin, berani, dan setia merupakan tiga sikap yang sangat penting dalam pengembangan karakter. Anggota Pramuka harus selalu berusaha untuk disiplin dalam segala hal, berani menghadapi tantangan, dan setia kepada teman dan keluarganya.

Tip 9: Bertanggung Jawab dan Dapat Dipercaya

Tanggung jawab dan kepercayaan merupakan dua sikap yang sangat penting dalam kehidupan bermasyarakat. Anggota Pramuka harus selalu berusaha untuk bertanggung jawab atas segala perbuatannya dan dapat dipercaya oleh orang lain.

Tip 10: Suci dalam Pikiran, Perkataan, dan Perbuatan

Kesucian dalam pikiran, perkataan, dan perbuatan merupakan sikap yang sangat penting dalam pengembangan karakter. Anggota Pramuka harus selalu berusaha untuk berpikir positif, berkata-kata yang baik, dan berbuat baik kepada orang lain.

Dengan mengamalkan tips-tips di atas, anggota Pramuka dapat mengembangkan karakter yang mulia dan menjadi warga negara yang baik.

Baca juga: Manfaat Menerapkan Dasa Darma Pramuka dalam Kehidupan Sehari-hari

Kesimpulan

Dasa Darma Pramuka merupakan pedoman moral yang sangat penting bagi anggota Gerakan Pramuka Indonesia. Dasa Darma Pramuka mengajarkan nilai-nilai luhur, seperti kejujuran, tanggung jawab, kerja sama, cinta tanah air, dan peduli terhadap lingkungan hidup.

Dengan mengamalkan Dasa Darma Pramuka, anggota Pramuka dapat mengembangkan karakter yang mulia dan menjadi warga negara yang baik. Dasa Darma Pramuka mengajarkan anggota Pramuka untuk selalu bersikap positif, disiplin, rajin, hemat, dan peduli terhadap sesama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *