Scroll untuk baca artikel
Otomotif

Temukan Rahasia Mobil Kijang Grand Extra Tahun 1997 yang Terungkap!

19
×

Temukan Rahasia Mobil Kijang Grand Extra Tahun 1997 yang Terungkap!

Share this article
Temukan Rahasia Mobil Kijang Grand Extra Tahun 1997 yang Terungkap!

Mobil Kijang Grand Extra tahun 1997 adalah generasi ketiga dari mobil Kijang yang diproduksi oleh Toyota Astra Motor di Indonesia. Mobil ini merupakan salah satu mobil terlaris di Indonesia pada masanya, dan masih banyak digunakan hingga saat ini. Kijang Grand Extra tahun 1997 memiliki beberapa kelebihan, antara lain:

  • Irit bahan bakar
  • Harga terjangkau
  • Mudah perawatannya
  • Kabin luas

Selain itu, Kijang Grand Extra tahun 1997 juga memiliki beberapa fitur yang cukup canggih untuk mobil di kelasnya, seperti:

  • Power steering
  • Central lock
  • Electric mirror

Dengan segala kelebihannya tersebut, tidak heran jika Kijang Grand Extra tahun 1997 menjadi salah satu mobil favorit keluarga Indonesia. Mobil ini juga menjadi saksi bisu perkembangan industri otomotif di Indonesia pada era 1990-an.

Mobil Kijang Grand Extra Tahun 1997

Mobil Kijang Grand Extra tahun 1997 adalah salah satu mobil terlaris di Indonesia pada masanya. Mobil ini memiliki beberapa aspek penting, antara lain:

  • Irit bahan bakar: Mobil ini dikenal irit bahan bakar, sehingga cocok untuk penggunaan sehari-hari.
  • Harga terjangkau: Harga mobil ini terjangkau, sehingga bisa dijangkau oleh banyak kalangan masyarakat.
  • Mudah perawatannya: Mobil ini mudah perawatannya, sehingga tidak membutuhkan biaya perawatan yang mahal.
  • Kabin luas: Kabin mobil ini luas, sehingga nyaman untuk digunakan oleh keluarga.
  • Power steering: Mobil ini dilengkapi dengan power steering, sehingga memudahkan pengemudi dalam mengendalikan mobil.
  • Central lock: Mobil ini dilengkapi dengan central lock, sehingga memudahkan pengemudi dalam mengunci semua pintu mobil sekaligus.
  • Electric mirror: Mobil ini dilengkapi dengan electric mirror, sehingga memudahkan pengemudi dalam mengatur posisi spion.
  • Mobil keluarga: Mobil ini cocok digunakan sebagai mobil keluarga, karena memiliki kabin yang luas dan nyaman.
  • Mobil legendaris: Mobil ini merupakan salah satu mobil legendaris di Indonesia, karena telah menemani masyarakat Indonesia selama bertahun-tahun.
  • Mobil bersejarah: Mobil ini menjadi saksi bisu perkembangan industri otomotif di Indonesia pada era 1990-an.

Selain aspek-aspek tersebut, mobil Kijang Grand Extra tahun 1997 juga memiliki beberapa kelebihan lainnya, seperti desain yang sederhana namun elegan, serta mesin yang bandel dan jarang mengalami masalah. Mobil ini juga menjadi pilihan tepat bagi masyarakat yang mencari mobil bekas dengan harga terjangkau dan kualitas yang masih bagus.

Irit Bahan Bakar

Irit Bahan Bakar, Otomotif

Salah satu kelebihan utama dari mobil Kijang Grand Extra tahun 1997 adalah irit bahan bakar. Hal ini menjadikannya pilihan yang tepat bagi masyarakat yang mencari mobil untuk penggunaan sehari-hari.

  • Penggunaan dalam Kota

    Dengan konsumsi bahan bakar sekitar 10-12 km/liter dalam kondisi jalanan kota yang padat, Kijang Grand Extra sangat cocok untuk digunakan sebagai kendaraan harian untuk (bekerja) atau beraktivitas di dalam kota.

  • Penggunaan Luar Kota

    Pada perjalanan luar kota, konsumsi bahan bakar Kijang Grand Extra bisa mencapai 14-16 km/liter. Hal ini menjadikannya pilihan yang irit untuk perjalanan jauh.

Selain penggunaan sehari-hari, Kijang Grand Extra juga cocok digunakan untuk perjalanan jarak jauh. Dengan kabin yang luas dan nyaman, mobil ini dapat menampung banyak penumpang dan barang bawaan. Konsumsi bahan bakar yang irit membuat perjalanan jarak jauh menjadi lebih ekonomis.

Harga Terjangkau

Harga Terjangkau, Otomotif

Salah satu faktor yang membuat mobil Kijang Grand Extra tahun 1997 begitu populer adalah harganya yang terjangkau. Hal ini menjadikannya pilihan yang tepat bagi masyarakat yang mencari mobil dengan harga yang tidak menguras kantong.

  • Harga Baru yang Terjangkau

    Saat pertama kali diluncurkan, mobil Kijang Grand Extra tahun 1997 dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau. Hal ini membuat banyak masyarakat mampu membelinya, sehingga mobil ini pun laris di pasaran.

  • Harga Bekas yang Masih Terjangkau

    Meskipun sudah tidak lagi diproduksi, harga mobil Kijang Grand Extra tahun 1997 bekas masih cukup terjangkau. Hal ini membuat mobil ini tetap menjadi pilihan yang menarik bagi masyarakat yang mencari mobil bekas dengan harga murah.

  • Ketersediaan Suku Cadang yang Melimpah

    Salah satu keuntungan memiliki mobil Kijang Grand Extra tahun 1997 adalah ketersediaan suku cadangnya yang melimpah. Hal ini membuat biaya perawatan mobil ini menjadi lebih terjangkau.

Dengan mempertimbangkan faktor-faktor tersebut, dapat disimpulkan bahwa harga mobil Kijang Grand Extra tahun 1997 yang terjangkau menjadikannya pilihan yang menarik bagi masyarakat yang mencari mobil dengan harga murah, biaya perawatan terjangkau, dan ketersediaan suku cadang yang melimpah.

Mudah perawatannya

Mudah Perawatannya, Otomotif

Salah satu kelebihan utama dari mobil Kijang Grand Extra tahun 1997 adalah mudah perawatannya. Hal ini menjadikannya pilihan yang tepat bagi masyarakat yang mencari mobil dengan biaya perawatan yang terjangkau.

  • Komponen yang Mudah Diakses

    Mobil Kijang Grand Extra tahun 1997 memiliki komponen-komponen yang mudah diakses, sehingga memudahkan dalam perawatan dan perbaikan. Hal ini menghemat waktu dan biaya perawatan.

  • Suku Cadang yang Tersedia

    Suku cadang mobil Kijang Grand Extra tahun 1997 masih banyak tersedia di pasaran, baik yang asli maupun yang imitasi. Hal ini memudahkan pemilik mobil dalam mencari suku cadang yang dibutuhkan.

  • Biaya Perawatan yang Terjangkau

    Karena kemudahan perawatan dan ketersediaan suku cadang, biaya perawatan mobil Kijang Grand Extra tahun 1997 relatif terjangkau. Hal ini menjadikannya pilihan yang tepat bagi masyarakat yang mencari mobil dengan biaya perawatan yang tidak menguras kantong.

  • Dapat Dirawat Sendiri

    Dengan sedikit keterampilan mekanik, pemilik mobil Kijang Grand Extra tahun 1997 dapat melakukan perawatan sendiri. Hal ini semakin menghemat biaya perawatan dan memberikan kepuasan tersendiri.

Dengan mempertimbangkan faktor-faktor tersebut, dapat disimpulkan bahwa kemudahan perawatan mobil Kijang Grand Extra tahun 1997 menjadikannya pilihan yang menarik bagi masyarakat yang mencari mobil dengan biaya perawatan yang terjangkau dan mudah dilakukan sendiri.

Kabin Luas

Kabin Luas, Otomotif

Mobil Kijang Grand Extra tahun 1997 dikenal memiliki kabin yang luas, menjadikannya pilihan yang tepat untuk keluarga. Kabin yang luas ini memberikan banyak keuntungan, antara lain:

  • Muat Banyak Penumpang

    Dengan kabin yang luas, mobil Kijang Grand Extra tahun 1997 dapat menampung hingga 7 penumpang dengan nyaman. Hal ini sangat cocok untuk keluarga besar atau yang sering bepergian dengan banyak anggota keluarga.

  • Ruang Kaki Luas

    Kabin yang luas juga memberikan ruang kaki yang lega untuk semua penumpang. Hal ini penting untuk kenyamanan, terutama dalam perjalanan jauh.

  • Bagasi Luas

    Selain kabin penumpang yang luas, mobil Kijang Grand Extra tahun 1997 juga memiliki bagasi yang luas. Hal ini memudahkan untuk membawa banyak barang bawaan, baik untuk perjalanan jauh maupun aktivitas sehari-hari.

  • Fleksibel dan Nyaman

    Kabin yang luas juga memungkinkan pengaturan kursi yang fleksibel. Kursi baris kedua dan ketiga dapat dilipat atau direbahkan untuk mendapatkan ruang yang lebih luas untuk barang bawaan atau untuk kenyamanan penumpang.

Dengan mempertimbangkan faktor-faktor tersebut, dapat disimpulkan bahwa kabin luas pada mobil Kijang Grand Extra tahun 1997 menjadikannya pilihan yang menarik bagi keluarga yang mencari mobil dengan kenyamanan dan kepraktisan.

Power steering

Power Steering, Otomotif

Power steering merupakan salah satu fitur penting pada mobil Kijang Grand Extra tahun 1997. Fitur ini memberikan kemudahan bagi pengemudi dalam mengendalikan mobil, terutama pada saat parkir atau bermanuver di tempat yang sempit. Dengan adanya power steering, pengemudi tidak perlu mengeluarkan tenaga ekstra untuk memutar setir, sehingga berkendara menjadi lebih nyaman dan aman.

Selain itu, power steering juga memberikan dampak positif pada keselamatan berkendara. Dengan kemudahan dalam mengendalikan mobil, pengemudi dapat bereaksi lebih cepat dan tepat dalam situasi darurat. Hal ini dapat meminimalisir risiko terjadinya kecelakaan.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa power steering pada mobil Kijang Grand Extra tahun 1997 merupakan fitur yang sangat penting untuk keselamatan dan kenyamanan berkendara. Fitur ini menjadi salah satu keunggulan yang membuat mobil ini banyak diminati oleh masyarakat Indonesia.

Central lock

Central Lock, Otomotif

Keberadaan central lock pada mobil Kijang Grand Extra tahun 1997 memberikan banyak kemudahan dan keuntungan bagi penggunanya. Fitur ini memungkinkan pengemudi untuk mengunci semua pintu mobil secara bersamaan hanya dengan menekan satu tombol, yang sangat praktis dan efisien.

  • Keamanan yang Ditingkatkan

    Central lock berperan penting dalam meningkatkan keamanan mobil. Dengan mengunci semua pintu secara bersamaan, pengemudi dapat mencegah pencurian atau upaya pembobolan mobil, terutama saat ditinggalkan di tempat parkir.

  • Kenyamanan dan Kepraktisan

    Central lock memberikan kenyamanan dan kepraktisan bagi pengemudi. Pengemudi tidak perlu lagi repot-repot mengunci setiap pintu secara manual, cukup dengan menekan satu tombol, semua pintu akan terkunci secara otomatis. Hal ini sangat memudahkan, terutama saat membawa banyak barang atau sedang terburu-buru.

  • Fitur Keamanan Tambahan

    Selain berfungsi untuk mengunci pintu, central lock juga dapat diintegrasikan dengan sistem alarm mobil. Ketika pintu dibuka secara paksa atau tidak menggunakan kunci, alarm akan berbunyi, memberikan peringatan kepada pemilik mobil dan orang sekitar.

  • Tanda Status

    Pada masanya, keberadaan central lock pada mobil Kijang Grand Extra tahun 1997 juga menjadi tanda status. Fitur ini dianggap sebagai fitur canggih dan modern, yang memberikan kesan mewah dan eksklusif pada mobil tersebut.

Dengan mempertimbangkan berbagai aspek tersebut, dapat disimpulkan bahwa kehadiran central lock pada mobil Kijang Grand Extra tahun 1997 merupakan fitur yang sangat bermanfaat. Fitur ini tidak hanya meningkatkan keamanan dan kenyamanan berkendara, tetapi juga menjadi tanda kemajuan teknologi pada mobil-mobil di era tersebut.

Electric mirror

Electric Mirror, Otomotif

Fitur electric mirror pada mobil Kijang Grand Extra tahun 1997 memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi penggunanya. Fitur ini memungkinkan pengemudi untuk mengatur posisi spion secara elektrik, tanpa perlu repot-repot mengaturnya secara manual.

  • Kemudahan Pengaturan

    Electric mirror sangat memudahkan pengemudi dalam mengatur posisi spion, terutama saat berkendara di malam hari atau saat kondisi jalanan ramai. Pengemudi dapat menyesuaikan posisi spion dengan cepat dan tepat hanya dengan menekan tombol, tanpa harus mengalihkan pandangan dari jalan.

  • Peningkatan Keselamatan

    Dengan electric mirror, pengemudi dapat mengatur posisi spion dengan lebih presisi. Hal ini sangat penting untuk keselamatan berkendara, karena spion yang tepat dapat meminimalisir blind spot dan membantu pengemudi melihat kondisi sekitar dengan lebih jelas.

  • Tanda Mobil Modern

    Pada masanya, keberadaan electric mirror pada mobil Kijang Grand Extra tahun 1997 juga menjadi tanda bahwa mobil tersebut modern dan canggih. Fitur ini memberikan kesan mewah dan eksklusif pada mobil, sehingga meningkatkan gengsi penggunanya.

Dengan mempertimbangkan aspek-aspek tersebut, dapat disimpulkan bahwa fitur electric mirror pada mobil Kijang Grand Extra tahun 1997 memberikan banyak keuntungan bagi penggunanya. Fitur ini tidak hanya meningkatkan kenyamanan berkendara, tetapi juga berkontribusi pada peningkatan keselamatan dan menjadi tanda kemajuan teknologi pada mobil-mobil di era tersebut.

Mobil keluarga

Mobil Keluarga, Otomotif

Mobil Kijang Grand Extra tahun 1997 merupakan salah satu mobil keluarga terbaik di masanya. Hal ini karena mobil ini memiliki kabin yang luas dan nyaman, sehingga sangat cocok untuk digunakan oleh keluarga Indonesia yang umumnya memiliki jumlah anggota yang cukup banyak.

  • Kapasitas 7 Penumpang

    Mobil Kijang Grand Extra tahun 1997 mampu menampung hingga 7 penumpang dengan nyaman. Hal ini menjadikannya pilihan yang ideal bagi keluarga besar atau yang sering bepergian dengan banyak anggota keluarga.

  • Kabin yang Luas

    Kabin mobil Kijang Grand Extra tahun 1997 sangat luas, sehingga penumpang dapat bergerak dengan bebas dan tidak merasa sempit. Ruang kaki yang lega juga membuat penumpang dapat duduk dengan nyaman dalam perjalanan jauh.

  • Bagasi yang Lapang

    Selain kabin yang luas, mobil Kijang Grand Extra tahun 1997 juga memiliki bagasi yang lapang. Hal ini memudahkan keluarga untuk membawa banyak barang bawaan, seperti koper, stroller, atau perlengkapan lainnya.

  • Fitur Kenyamanan

    Mobil Kijang Grand Extra tahun 1997 juga dilengkapi dengan berbagai fitur kenyamanan, seperti AC, power window, dan audio system. Fitur-fitur ini membuat perjalanan keluarga menjadi lebih nyaman dan menyenangkan.

Dengan mempertimbangkan faktor-faktor tersebut, dapat disimpulkan bahwa mobil Kijang Grand Extra tahun 1997 sangat cocok digunakan sebagai mobil keluarga. Kabin yang luas, nyaman, dan dilengkapi dengan berbagai fitur penunjang menjadikan mobil ini pilihan yang tepat bagi keluarga Indonesia.

Mobil legendaris

Mobil Legendaris, Otomotif

Mobil Kijang Grand Extra tahun 1997 merupakan salah satu mobil legendaris di Indonesia karena telah menemani masyarakat Indonesia selama bertahun-tahun. Mobil ini menjadi saksi bisu perkembangan industri otomotif di Indonesia dan menjadi bagian dari perjalanan hidup banyak keluarga Indonesia.

  • Kesuksesan Komersial

    Mobil Kijang Grand Extra tahun 1997 meraih sukses komersial yang luar biasa. Mobil ini menjadi salah satu mobil terlaris di Indonesia pada masanya, dan hingga saat ini masih banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia.

  • Kualitas dan Daya Tahan

    Mobil Kijang Grand Extra tahun 1997 dikenal memiliki kualitas dan daya tahan yang baik. Mobil ini mampu bertahan dalam berbagai kondisi jalan dan cuaca di Indonesia, sehingga menjadi pilihan yang tepat bagi masyarakat yang membutuhkan mobil yang tangguh.

  • Nilai Emosional

    Bagi banyak orang Indonesia, mobil Kijang Grand Extra tahun 1997 memiliki nilai emosional yang kuat. Mobil ini menjadi bagian dari kenangan masa kecil, perjalanan keluarga, dan momen-momen penting lainnya dalam hidup.

Dengan mempertimbangkan faktor-faktor tersebut, dapat disimpulkan bahwa mobil Kijang Grand Extra tahun 1997 layak disebut sebagai mobil legendaris di Indonesia. Mobil ini telah memberikan kontribusi yang signifikan bagi perkembangan industri otomotif di Indonesia dan menjadi bagian dari perjalanan hidup banyak keluarga Indonesia.

Mobil bersejarah

Mobil Bersejarah, Otomotif

Mobil Kijang Grand Extra tahun 1997 merupakan salah satu mobil bersejarah di Indonesia karena menjadi saksi bisu perkembangan industri otomotif di Indonesia pada era 1990-an. Mobil ini menjadi bukti nyata kemajuan teknologi otomotif di Indonesia pada masa itu.

Salah satu peran penting mobil Kijang Grand Extra tahun 1997 dalam perkembangan industri otomotif Indonesia adalah sebagai mobil keluarga yang terjangkau dan berkualitas. Mobil ini menjadi pilihan utama bagi banyak keluarga Indonesia pada masanya, sehingga berkontribusi terhadap pertumbuhan pasar mobil keluarga di Indonesia.

Selain itu, mobil Kijang Grand Extra tahun 1997 juga menjadi salah satu mobil yang diekspor ke luar negeri. Hal ini menunjukkan bahwa kualitas mobil buatan Indonesia pada era tersebut sudah diakui di tingkat internasional.

Dengan mempertimbangkan faktor-faktor tersebut, dapat disimpulkan bahwa mobil Kijang Grand Extra tahun 1997 merupakan bagian penting dari sejarah perkembangan industri otomotif di Indonesia. Mobil ini menjadi bukti nyata bahwa industri otomotif Indonesia mampu memproduksi mobil berkualitas tinggi yang memenuhi kebutuhan masyarakat.

FAQ Mobil Kijang Grand Extra Tahun 1997

Berikut beberapa pertanyaan yang sering diajukan mengenai mobil Kijang Grand Extra tahun 1997:

Pertanyaan 1: Apakah mobil Kijang Grand Extra tahun 1997 boros bahan bakar?
Jawaban: Tidak, mobil Kijang Grand Extra tahun 1997 dikenal irit bahan bakar, terutama untuk penggunaan dalam kota.

Pertanyaan 2: Apakah harga mobil Kijang Grand Extra tahun 1997 mahal?
Jawaban: Tidak, harga mobil Kijang Grand Extra tahun 1997 bekas saat ini relatif terjangkau, sehingga cocok untuk masyarakat yang mencari mobil dengan harga murah.

Pertanyaan 3: Apakah mobil Kijang Grand Extra tahun 1997 sulit perawatannya?
Jawaban: Tidak, mobil Kijang Grand Extra tahun 1997 mudah perawatannya, dengan ketersediaan suku cadang yang melimpah dan biaya perawatan yang terjangkau.

Pertanyaan 4: Apakah mobil Kijang Grand Extra tahun 1997 memiliki kabin yang luas?
Jawaban: Ya, mobil Kijang Grand Extra tahun 1997 memiliki kabin yang luas, sehingga nyaman digunakan untuk keluarga dengan banyak anggota.

Pertanyaan 5: Apakah mobil Kijang Grand Extra tahun 1997 memiliki fitur-fitur modern?
Jawaban: Untuk ukuran mobil di masanya, mobil Kijang Grand Extra tahun 1997 memiliki beberapa fitur modern, seperti power steering, central lock, dan electric mirror.

Pertanyaan 6: Apakah mobil Kijang Grand Extra tahun 1997 cocok untuk perjalanan jauh?
Jawaban: Ya, mobil Kijang Grand Extra tahun 1997 cocok untuk perjalanan jauh karena memiliki kabin yang luas, nyaman, dan konsumsi bahan bakar yang irit.

Kesimpulannya, mobil Kijang Grand Extra tahun 1997 merupakan pilihan tepat bagi masyarakat yang mencari mobil keluarga yang irit bahan bakar, harga terjangkau, mudah perawatannya, memiliki kabin yang luas, dan memiliki beberapa fitur modern untuk ukuran mobil di masanya.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi situs web resmi Toyota Astra Motor atau hubungi dealer Toyota terdekat.

Tips Merawat Mobil Kijang Grand Extra Tahun 1997

Mobil Kijang Grand Extra tahun 1997 merupakan mobil yang tangguh dan handal. Namun, seperti mobil lainnya, mobil ini juga memerlukan perawatan yang baik agar tetap prima.

Berikut beberapa tips untuk merawat mobil Kijang Grand Extra tahun 1997:

Tip 1: Lakukan perawatan rutin

Perawatan rutin sangat penting untuk menjaga kondisi mobil tetap baik. Lakukan perawatan rutin sesuai dengan jadwal yang disarankan oleh pabrikan. Perawatan rutin meliputi penggantian oli, filter oli, filter udara, dan pemeriksaan komponen-komponen penting lainnya.

Tip 2: Gunakan oli mesin berkualitas

Oli mesin berkualitas sangat penting untuk melindungi mesin dari keausan. Gunakan oli mesin yang sesuai dengan spesifikasi yang direkomendasikan oleh pabrikan. Ganti oli mesin secara teratur sesuai dengan jadwal yang disarankan.

Tip 3: Periksa tekanan ban secara teratur

Tekanan ban yang tidak sesuai dapat mempengaruhi kenyamanan berkendara dan keselamatan. Periksa tekanan ban secara teratur dan pastikan sesuai dengan spesifikasi yang direkomendasikan oleh pabrikan.

Tip 4: Bersihkan filter udara secara teratur

Filter udara yang kotor dapat menghambat aliran udara ke mesin, sehingga menyebabkan konsumsi bahan bakar meningkat dan tenaga mesin menurun. Bersihkan filter udara secara teratur sesuai dengan jadwal yang disarankan.

Tip 5: Periksa sistem pengereman secara berkala

Sistem pengereman yang tidak berfungsi dengan baik dapat membahayakan keselamatan. Periksa sistem pengereman secara berkala, termasuk kampas rem, kaliper rem, dan minyak rem. Ganti komponen-komponen yang aus atau rusak.

Dengan mengikuti tips ini, Anda dapat membantu menjaga mobil Kijang Grand Extra tahun 1997 tetap dalam kondisi prima dan menemani Anda dalam perjalanan selama bertahun-tahun yang akan datang.

Kesimpulan

Mobil Kijang Grand Extra tahun 1997 merupakan mobil keluarga yang irit bahan bakar, harga terjangkau, mudah perawatannya, memiliki kabin yang luas, dan memiliki beberapa fitur modern untuk ukuran mobil di masanya. Mobil ini menjadi salah satu mobil terlaris di Indonesia pada masanya dan masih banyak digunakan hingga saat ini.

Dengan perawatan yang baik, mobil Kijang Grand Extra tahun 1997 dapat menemani Anda dalam perjalanan selama bertahun-tahun yang akan datang. Merawat mobil ini tidaklah sulit, cukup dengan melakukan perawatan rutin, menggunakan oli mesin berkualitas, memeriksa tekanan ban secara teratur, membersihkan filter udara secara teratur, dan memeriksa sistem pengereman secara berkala.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *